Tips Aman Berbelanja Di Korea


Hello Top Readers,

di postingan sebelumnya sudah tertera Pusat Perbelanjaan di Korea. Nah, bagi Anda yang ingin berbelanja di Negara Janggeum tersebut. Harus memperhatikan beberapa hal. Menurut kebanyakan cerita, pedagang-pedagang di sana itu orang nya terkadang tidak menghargai pembeli. Jadi, kita yang harus menjaga mood pedagang.

Sekarang saat nya saya akan bagikan tips-tips berbelanja di Korea…..

a. Pedagang2 di sana kebanyakan pada tidak bisa bahasa Inggris, meskipun bahasa Inggris pemula yang biasanya sudah kita kuasai sejak SD, kecuali daerah2 khusus yg banyak orang asingnya, seperti Itaewon. Jadi, kalau mau nawar harga, jangan lupa bawa kalkulator ya… kalau bisa kalkulator sendiri, bukan yang ada di handpone ya..

b. Mata uang tidak masalah, mereka mau kok nerima mata uang dollar, jadi kita tidak perlu repot2 nukerin mata uang Won, tapi pastinya rugi di kita, jadi ya mending dituker dulu ke money changer terdekat.

c. Buat Chingu yang demen sama barang2 antik, hati2, karena di Korea itu ketat banget soal prosedur ekspor barang yang satu ini. Jadi, kalau kita beli barang2 antik dan mau bawa ke Indonesia, mending nanya prosedurnya ke pedagang tempat kita membeli atau ke Kantor Seni dan Barang Antik, kalau tidak mengerti, gampang, bertanyalah ke Kedubes RI di sana.

d. Hati2 sama barang2 imitasi merek terkenal. Saat kita beli barang imitasi alias barang ASPAL ini akan ngerepotin kita kalau pas mau balik ke Indonesianya, karena kita bisa tertahan gara2 barang2 tsb.

e. Kebanyakan toko pedagang baju TIDAK MEMBOLEHKAN kita mencoba baju. Jadi, biasanya, kita harus langsung beli bajunya, bawa pulang, dan baru kita coba di rumah. Kalau ngerasa tidak pas atau tidak  sreg, bisa di kembalikan, maksimal 3 hari, tapi biasanya tidak kembali uang, jadi kita tuker. Tapi, akan beda kalau kita beli baju di tempat tailor atau penjahit. Jadi, dicoba dulu bila baju kita sudah jadi, jangan sampai kita udah bayar, eh gak taunya bajunya bermasalah. Karena, kalau sudah dibayar, gak bakalan gampang deh buat bernegosiasi sama si pemilik tokonya.

f. Menurut kepercayaan orang Korea, pembeli pertama itu penentu keberuntungan hari itu. Jadi, kalau kita datang sebagai pembeli pertama karena kita datangnya itu toko baru buka, jaga baik2 deh mood si penjual.

g. Simpen nomer utusan Korea National Tourism Organization, Tourist Complaint Center di Seoul. Jadi kalau kita mau komplain soal pariwisata dan segala hal nya bisa telpon di (02) 735-0101.

Secara umum,aku mau kasih tahu , daftar tempat2 belanja di Korea secara keseluruhan…….

Busan City : Busanjin Market, Gukje Market, Gwangbok-dong & Nampo-dong, Jagalchi Fish

Seomyeon, Texas Street

Daegu City : Jungang and Daeshin Underground Archades, Seomun Market, Yakjeon Herbal Market

Provinsi Gyeonggi : Icheon Pottery Village, Moran Market, Sorae Market

Gyeongju City : Gyeongju Folk’s Hand Craft Village

Incheon City : Ganghwa Market

Jeju Island : Jeju Folk Arts Complex

Provinsi Gyeongsang Utara : Andong Market

Provinsi Jeolla Utara : Iri Jewelry Center, Namwon Market

SEOUL CITY : Apgujeong-dong, Central City, Cheongdam-dong, Donngdaemun Market, Gangnam, Garak-dong Agricultural Market, Gyeong-dong Oriental Medicine Market, Hwanghakdong Flea Market, Hyehwa Philippine Market, Insa-dong Shopping Area, Itaewon-dong Shopping Area, Janganpyeong Antique Market, Myeong-dong Shopping Area, Namdaemun Market, Nonhyeon Furniture Street, Noryangjin Fish Market, Sinchon-dong and Ahyon-dong, Wholesale Plant and Flower Market, Yangjae Flower Market, Yongsan Electronics Market

Provinsi Chungcheong Selatan : Geumsan Maarket, Yuseong Market

Provinsi Jeolla Selatan : Damyang Bamboo Market, Gurye Market

cre : lifeinkorea

SUMBER : http://angelsaiyanjiro.blogspot.com/2011/10/tips-tips-belanja-di-korea.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s