Rehat : Hari gini tawuran !!!!! apa kata dunia..


T-A-W-U-R-A-N….

Satu kata itu udah enggak  asing lagi di kuping para pelajar. Tawuran sana tawuran sini, ngerasa cool kalau udah bisa ngalahin pelajar dari sekolah lain. Tawuran pun sekarang udah enggak lagi mengenal gender. Mau cowok ataupun cowok nggak ada masalah.

 Pikir deh lo, apa gunanya coba tawuran ?! Gue rasa nggak ada sisi-sisi positifnya tuh..

Menurut gue, para pelajar yang gemar ber”tarung” itu cuman cari sensasi belaka. Pengen di bilang kerenlah, biar dibilang gaul lah (kurang lebih begitu) dan semacamnya. Katanya, pengen biar nama almameter nya terkenal. Nah yang ada juga ngecoreng kali.

Motif tawuran juga sampai saat ini belum diketahui  pastinya. Sedikit motifnya, dinilai Sosiolog Universitas Indonesia Paulus Wirotomo, sebagai sebuah luapan frustasi pelajar yang terwujud dalam tindakan yang cenderung merusak *sangat*, merupakan sebuah gejala mental dari pelajar yang “sakit”. Lalu, tingkat stress pelajar semakin tinggi juga merupakan motifnya.

Tawuran bagi pelajar kayak kita bisa juga disebut sebagai bentuk gejala atau penyakit sosial yang disebabkan karena rasa frustasi massal, bisa kepada guru, temen , atau kepada siapa saja, yang tidak jelas situasi nya. Hukum bisa menjadi sangat lemah pengaruhnya, saat tawuran berlangsung.

Menurut gue juga nih ya, terkadang tawuran itu dikarenakan ada rasa kesel sama temen yang sampai berlarut-larut dan dipendem. Terus, adanya geng-geng  penguasa disetiap kelas. Mending nih ya, kalau temenan itu baik-baik aja. Terkadang juga cuman gara-gara masalah sepele, tawuran itu bisa meledak.  Selain itu juga situasi yang tidak kondusif dirumah ditambah pula dengan guru yang memarahi pelajar di sekolah. Terkadang nih ya para pelajar yang sensian, ketika dimarahi guru akan memendam kekesalannya. Yang sewaktu-waktu bisa meledak.

Pesen dari gue ya.. Dari pada Tawuran yang enggak ada manfaatnya yang “judulnya” biar dikenal. Mendingan kita semua sebagai pemuda penerus bangsa, ngembangin bakat kita yang pastinya positif. Banyak kok cara untuk berguna bagi bangsa. Bukan malah nambah masalah bagi Negara kita ini. Untuk sekolah-sekolah, mereka bisa memberikan jadwal ekskul yang padat untuk mengisi waktu luang para siswanya… Oke.. kawaaan …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s